Pemasaran (bahasa Inggris: marketing)
adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan
informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan
dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian
bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air
dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan
dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya
namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air kemasan yang
bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih air kemasan yang sesuai
dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah
dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi
konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga
(price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion).
Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini
sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan
pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama
pihak konsumen yang dituju.
Strategi pemasaran merupakan hal yang sangat penting bagi perusahaan dimana
strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan.
Hal ini juga didukung oleh pendapat Swastha “Strategi adalah serangkaian
rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi
untuk mencapai tujuannya.” Sehingga dalam menjalankan usaha kecil khususnya
diperlukan adanya pengembangan melalui strategi pemasarannya. Karena pada saat
kondisi kritis justru usaha kecillah yang mampu memberikan pertumbuhan terhadap
pendapatan masyarakat. Pemasaran menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu
yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan
dan menentukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.
Dalam dunia perbankan pengertian pemasaran adalah salah satu bentuk
strategi dalam dunia usaha perbankan. Sebagai unit bisnis, bank senantiasa
berorientasi laba. Kegiatan pemasaran sudah merupakan suatu kerbutuhan utama
dan sudah merupakan suatu keharusan untuk dijalankan. Tanpa kegiatan pemasaran
jangan diharapkan kebutuhan dan keinginan pelanggannya akan dipenuhi. Oleh
karena itu, bagi dunia usaha apalagi seperti usaha perbankan perlu mengemas
kegiatan pemasarannya secara terpadu dan terus menerus melakukan riset pasar.
Pemasaran harus dikelola secara profesional, sehingga kebutuhan dan
keinginan pelanggan akan segera terpenuhi dan terpuaskan. Pengelolaan pemasaran
bank yang profesional inilah yang disebut dengan nama manajemen pemasaran bank.
Pada dasarnya manajemen pemasaran bank adalah proses perencanaan dan
pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari
barang-barang, dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok
sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan
dan organisasi. Hal ini berarti dalam manajemen pemasaran tercakup serangkaian
kegiatan analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan atas barang, jasa
dan fafasan dengan tujuan utama kepuasan pihak-pihak yang terlibat.
Sementara itu pengertian pemasaran (marketing) saat ini bukan sekedar
menjual (to sales) dengan dimensi jangka pendek (jual-beli putus) tetapi
memasarkan (to marketing) dengan dimensi jangka panjang, menggambarkan
perbedaan pemikiran yang kontraks antara konsep penjualan dan pemasaran.
0 komentar:
Post a Comment